Keranjang belanja Anda kosong.
Skill komunikasi menjadi salah satu hal penting dalam dunia profesional. Saat ini, para pekerja dituntut untuk menjadi seorang komunikator yang efektif sebagai landasan untuk meningkatkan karirnya. Salah satu jenis komunikasi dalam bisnis dilakukan secara tertulis. Oleh karena itu, kemampuan menulis dalam bisnis atau yang dikenal dengan business letter menjadi salah satu aset yang berharga. Business letter merupakan suatu bentuk komunikasi formal secara tertulis yang berperan penting dalam kegiatan bisnis. Biasanya, komunikasi ini dilakukan antarindividu, antarperusahaan, maupun individu dengan seorang individu terhadap instansi tertentu, dan sebaliknya. Surat yang dikeluarkan juga biasanya sangat beragam tergantung dengan objektifnya dan target pembacanya. Dalam dunia profesional, peran surat menjadi sangat penting karena dianggap memiliki tingkat legalitas yang tinggi dan menyimpan bukti tertulis. Maka dari itu, surat dapat digunakan sebagai tanda profesionalitas dan apresiasi dari pengirim kepada penerimanya. Dilansir dari laman The Business Communication.com, dalam mencapai kesuksesan dari aktivitas dan pengembangan bisnis, serta hubungan yang baik, diperlukan bantuan surat bisnis yang memadai. Oleh karena itu, pembuatan business letter yang ringkas, namun fokus kepada objektif utamanya menjadi hal yang penting dalam dunia karir. Pada Elective Class persembahan Kognisi kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai keseluruhan proses dalam membuat business letter secara padat dan jelas sesuai dengan struktur dan aturan teknis yang berlaku, baik untuk pencari kerja maupun para profesional. Selain itu, kita juga akan mempelajari grammar atau tata bahasa dan frasa yang kuat dan persuasif untuk meningkatkan nilai dari surat tersebut. Tentang Pembicara Wedha Stratesti Yudha saat ini bekerja sebagai International Marketing; Foreign Rights Specialist di Kompas Gramedia. Ia merupakan lulusan magister Universita Della Calabria jurusan Media dan Komunikasi di Italia. Berpengalaman menjadi Editor juga Proofreader di Kompas Gramedia selama sembilan tahun, membuat Wedha mempunyai kemampuan menulis dan menyunting tulisan dengan baik dan benar. Talking Points 1. Prinsip-prinsip dasar dalam business writing 2. Personalisasi surat sesuai dengan target pembaca dan objektifnya 3. Frasa-frasa persuasif untuk business letter yang menarik 4. Tips melakukan proofread yang tepat 5. Kesalahan umum dalam penulisan business letter 6. Prinsip-prinsip penting dalam business letter: spelling, grammar, appropriate vocabulary